Resensi Buku

Resensi Buku “Perkembangan Peserta Didik”

Indentitas Buku
Judul : Perkembangan Peserta Didik
Penulis : Drs. Idad Suhada, M.Pd.
Editor Penerbit : Nita Nur M.
Proofreader : Nur Asri
Desainer sampul : Toto Rianto
Layout : Deni Agus Saputra
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
Tempat Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2017
Cetakan : Pertama, Maret 2017
Ukuran : 15,5 x 24 cm
Halaman : 198 Halaman
ISBN : 978-602-446-037-2

Tentang Buku
Sistem pendidikan modern yang berkembang sekarang ini memandang anak sebagai sosok yang hidup dan aktif. Pendidikan modern sangat menekankan pemahaman akan kebutuhan maupun karakteristik anak/individu. Sebagai seorang individu, secara umum anak memiliki kebutuhan-kebutuhan fisik, emosi, sosial, dan intelektual. Jika kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, akan muncul gangguan-gangguan perilaku pada anak.
Buku ini hadir dengan tujuan agar tercapai wawasan komprehensif dan pendekatan integral dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah perkembangan peserta didik, baik pada tingkat individu maupun sosial sehingga persepsi dan penalaran yang berkenaan dengan peserta didik dapat dipertajam.

Tentang Penulis
Ida Suhada, lahir di Tasikmalaya, 24 September 1963. Pendidikan formalnya ditempuh di daerah kelahirannya mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Penulis melanjutkan Pendidikan Tinggi di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung hingga memperoleh gelar (Drs) dan kemudian gelar Magister Pendidikan (M.Pd) diperolehnya di UPI Bandung.
Selain jabatan fungsionalnya sebagai tenaga pendidik di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, penulis juga sempat menjadi Sekretaris Pribadi Rektor IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 1990-2000, lalu menduduki jabatan struktural sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian tahun 2000-2006, Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari tahun 2006-2011, Sekretaris Pengelola Pengembangan Kerja Sama (P2K) dari 2011-2012 dan Ketua Pengelola Pengembangan Kerja Sama (P2K) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati dari tahun 2011 hingga sekarang.
Di samping rajin dalam melakukan penelitian, ada beberapa buah tangan tulisan dalam bentuk tulisan karya ilmiah (buku) yang dipublikasikan antara lain: (1) Konsep dasar IPS, (2) Pendidikan IPS dan MI/SD, (3) Pengembangan Pendidikan IPS di MI/SD, (4) Pengembangan kurikulum, (5) Landasan Pendidikan, (6) Ilmu Sosial Dasar (ISD), dan (7) Perkembangan Peserta Didik.

Kelebihan
Dilihat dari isi dan pemaparannya, buku ini sangat bagus sekali. Terutama bagi calon pendidik dan pendidik dalam memahami perkembangan peserta didiknya nanti. Dalam buku ini, juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal objektif di setiap bab. Melalui latihan-latihan soal tersebut, kita dapat mengetahui sejauh mana kita dapat menyerap dan memahami materi.

Kekurangan
Kurang adanya ilustrasi dalam bentuk gambar yang mendukung di beberapa sub bab, sehingga apa yang dijelaskan terasa sangat hambar akibat kurangnya gambar dan ketika membaca agak sedikit bosan karena kebanyakan tulisan. Ada juga beberapa kalimat yang sulit untuk dipahami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI FILM "IMPERFECT"

Perbedaan Wartawan dan Jurnalis